Home » » 6 Penemuan Albert Einstein Yang Mendunia

6 Penemuan Albert Einstein Yang Mendunia

Belajar Bersama- Halo sobat Rumah Belajar Anak Indonesia, kali ini kita akan belajar terkait dengan penemuan Albert Eistein, salah satu ilmuwan dunia dengan otak yang luar biasa. Otak Albert Einstein terkenal karena kejeniusannya. Oleh karenanya penemuan-penemuannya selalu menjadi buah bibir dunia. Berikut 6 penemuan Albert Einstein yang mendunia!

1. Teori Relativitas


Teori ini dicetuskan oleh Einstein untuk menjelaskan bahwa gelombang elektromagnetik tidak sesuai denga teori Newton. Teori ini terbagi menjadi dua yaitu teori relativitas umum dan teori relativitas khusus. Banyak prediksi yang menyatakan bahwa relativitas khusus sangat berbeda dengan prediksi fisika klasik. Perbedaanya dalam hal mengenai berjalannya waktu, gerak benda pada jatuh bebas, geometri ruang, maupun perambatan cahaya. Sedangkan relativitas khusus dicetuskan Einstein untuk menggantikan pendapat Newton terkait dengan ruang dan waktu.

2. Efek Fotolistrik


Temuan kali ini yang membuat dia memperoleh hadiah Nobel pada tahun 1921. Pada saat itu ia menjelaskan efek fotolistrik dengan sangat matematis. Efek fotolistrik itu sendiri adalah pengeluaran elektron dari permukaan logam ketika menyerap energi elektromagnet di atas frekuensi ambang tergantung pada jenis permukaan. Karena penemuan ini kita dapat merubah sel surya menjadi sumber energi yang dapat kita manfaatkan kini.


3. Gerak Brown


Gerak Brown pertama kali ditemukan oleh ilmuwan skotlandia bernama Robert Brown. Gerak Brown adalah gerakan terus menerus dari partikel cair atau gas. Pada penemuan ini Eistein hanya mengembangkan dari penemuan Robert Brown.

Lantas bagaimana penemuan ini bisa identik dengan Eistein

Pada tahun 1952 ia pernah menerbitkan makalah yang membahas tentang gerak brown ini. Pada saat itu makalah yang iya buat menjadi pusat perhatian bagi para ilmuwan-ilmuwan fiaika. Mulai dari situlah gerak brown menjadi terkenal lewat tangan dingin Einstein.

4. Persamaan massa dan energi


Dalam ilmu fisika pasti kita mengenal dengan persamaan E=m.c2 (c kuadrat). Dari rumus tersebut dapat dijelaskan bahwa Energi (E) dengan massa (m) dapat disetarakan langsung dengan  kuadrat konstanta laju cahaya (c).

5. Statistik Bose-Einstein


Banyak yang menyatakan bahwa statistik ini mirip dengan statistik Maxwell-boltzmanm. Yang membedakan antara keduanya yaitu, jik pada statistik bose einstein tidak dapat mengatur partikel uang identik meski partikelnya dapat dicacah. Sedangkan statistik Maxwell-Boltzmanm sebaliknya, partikelnya dapat diatur.

6. Persamaan medan Einstein


Persamaan ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1915. Pada teori ini gravitasi sudah tidak dipandang sebagai medan gaya, melainkan efek dari ruang dan waktu karena adanya mateti dan energi. Teori ini biasa digunakan untuk menentukan geometri ruang-waktu akibat keberadaan massa, energi, dan momentum linear.

Itu tadi sobat 6 penemuan Albert Eistein yang mendunia. Semoga dapat bermanfaat.
Jangan lupa belajar dimanapun, apapun, dan dimanapun!

Salam Anak Indonesia!


0 komentar:

Post a Comment

sponsored

Popular Posts